Kamis, 12 Maret 2020

PRAKERIN SISWA SMK MAARIF NU PANDEGLANG DI LKP BMC


3 Bulan lalu, tepatnya tanggal 20 Desember 2019. SMK Ma'rif NU Pandeglang mengirimkan 3 Peserta didiknya untuk melaksanakan Kegiatan Prakerin di LKP BMC. Dengan senang hati, Kami Pimpinan dan Staff LKP BMC menerima mereka semua dengan baik dan bersedia untuk membimbing mereka melaksanakan kegiatan Prakerin di tempat kami.

PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha Atau Dunia Industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya dan juga menambah bekal untuk masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semangkin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti di masa sekarang ini.

(Sumber : https://choiriyahrpl.wordpress.com/pengertian-tentang-prakerin/)

 Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia Industri. Alasan utama mengapa para siswa-siswi harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya ? agar dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri tidak mengalami kendala dalam penerapan Ilmu Pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses praktek kerja industry.

Ini adalah siswa ke-3  (tiga) yang telah prakerin di LKP BMC yang sebelum nya adalah dari SMK MALNU MENES, SMK AL FALAH PANDEGLANG dan yang ketiganya yaitu dari SMK MAARIF NU PANDEGLANG Ketiga Peserta didik tersebut bernama Hofifah, Aldi & Anwar. Mereka ber-tiga berasal dari Jurusan/Kejuruan yang sama yaitu Teknologi Komunikasi & Jaringan (TKJ), ini artinya memang jurusan yang mereka pilih di sekolah telah sama dengan DIDI lembaga kami yang bergerak di bidang jasa kursus komputer (Kursus Komputer bidang Ke ahlian Komputer Digital Marketing, Aplikasi Perkantoran Basic ( Microsoft Word, Excel, dan Power Point) Aplikasi Perkantoran Full ( Microsoft Word, Excel, dan Power Point, Ms. Outlook, OneNote, Visio, dan Microsoft Acess) dan Kursus Komputer Desain Grafis juga berbagai macam kursus bahasa inggris yang terdiri dari kursus bahasa inggris ( English for Children 1, 2 dan 3) Survival English, English for Communication, dan Advance for English dan . Dengan adanya mereka bertiga yang berasal dari Jurusan tersebut, Kami sangat terbantu dalam menjalankan tugas harian. Meski belum terlalu terbiasa dengan Pembelajaran yang mereka lalui selama di sekolah, Mereka giat sekali menggali ilmu di tempat kami. Mulai dari mengerjakan tugas harian seperti membersihkan ruangan, menyiapkan peralatan ATK (Alat Tulis Kantor) serta mengarsipkan surat. Kemudian berkembang dengan melakukan Pekerjaan pengetikan surat,scan data,print data, foto copy arsip, penginputan data ke buku induk


Kemudian di Hari Sabtu, 7 Maret 2020. Masa Prakerin mereka beriga telah selesai. Lalu kami  melaksanakan prosesi peerpisahan atau penutupan kegiatan Prakerin. Mereka memberikan kami cendramata berupa Dispenser. Kami sangat senang sekali tentang keberadaan siswa prakerin yang berlangsung di LKP BMC, kami ucapkan selamat menyelesaikan tugas akhir dan menimba ilmu di sekolah kembali, semoga pengalaman di tempat prakerin bias menjadi penyemangat para siswa dalam menimba ilmu nya.

Penulis : Tim LKP BMC


Tidak ada komentar:

Posting Komentar